mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya

Berikut ini adalah artikel yang berisi tentang Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya yang akan dibahas secara jelas dan mendetail agar kalian paham dan makin bisa

Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya

tugassains.com - kembali lagi dengan tugassains.com dimana kali ini kita akan membahas materi mengenai Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya di materi Kimia dengan lengkap dan mudah untuk dipelajari dimana kita akan mempelajari Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya secara menyeluruh.

Dimana kita akan mempelajari Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya mulai dari Pengertian Ikatan Ion, kemudian Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya kemudian Senyawa Ikatan Ion dalam kehidupan sehari-hari dan Contoh Ikatan Ion secara lengkap dan mudah di mengerti buat kalian ya.

Pengertian Ikatan Ion

Kalian udah tau belum apasih itu ikatan ion? Ikatan Ion dalam dunia kimia memiliki arti atau pengertian yaitu ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk oleh adanya transfer atau  (perpindahan, serah terima) elektron dari satu atom ke atom lain untuk membentuk elektron yang lebih stabil atau dalam konfigurasi Elektron gas mulia.

Dalam kegiatan serah terima elektron atau transfer elektron terjadi ion positif dan ion negatif mentransfer elektron yang dimiliki untuk kestabilan seperti pada ikatan garam:

K+ + Cl- → KCl  

dimana unsur Klorin menerima elektron dari Kalium untuk mencapai kestabilan pada elektronnya seperti gambar dibawah

Ciri Ikatan Ion Beserta Penjelasannya

1. Senyawa ikatan ion mempunyai titik didih dan titik leleh yang tinggi.

Tahukah kamu mengapa titik didih ikatan ion tinggi? Jawabannya yaitu didalam ikatan ion gaya tarik antar molekulnya sangatlah kuat dibandingkan dengan ikatan kovalen, sehingga di perlukan gaya yang besar untuk melemahkan gaya tarik antar molekulnya.

Akibat adanya gaya tarik antar molekul yang kuat hal tersebutlah yang menyebabkan Ikatan Ion memiliki titik leleh dan titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan senyawa lain yang terbentuk dengan selain Ikatan Ion.

2. Lelehan dan larutannya dapat menghantarkan arus listrik. 

Senyawa yang terbentuk akibat adanya ikatan ion memiliki ciri khas yang unik yaitu dalam bentuk atau wujud Larutan (aquos) dan wujud Lelehan (liquid) ternyata dapat menghantarkan listrik. Namun dalam bentuk atau wujud padat senyawa yang terbentuk dari ikatan ion tidak dapat menghantarkan listrik.

Mengapa hal itu terjadi? Hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu Senyawa Ikatan Ion dalam bentuk Larutan (aquos) dan bentuk Lelehan (liquid) dapat menghantarkan listrik akibat ion-ion penyusunnya dalam bentuk tersebut dapat bergerak bebas sedangkan dalam padatan tidak dapat menghantarkan karena ion-ionnya terperangkap.

Karena dalam bentuk Larutan (aquos) dan bentuk Lelehan (liquid) ion bergerak bebas sehingga ketika listrik dialiri maka listrik akan mengalir melalui kation menuju anion atau dari ion positif menuju ion negatif.

3. Terjadi serah terima elektron, atom yang satu melepaskan elektron dan yang lain menerima elektron.

Terjadi serah terima elektron dalam ikatan ion yaitu untuk mencapai posisi elektron stabil (kaidah gas mulia) dengan adanya serah terima elektron pada ikatan ion tersebut. Ketika unsur lain terdapat elektron yang melebihi kaidah gas mulia maka unsur tersebut menyerahkan ke unsur yang kekurangan elektron (serah terima) agar menjadi stabil elektron penyusunnya.

4. Pada umumnya unsur pembentuknya adalah unsur logam dan nonlogam.

Pada umumnya senyawa Ikatan Ion merupakan senyawa yang terbentuk oleh unsur Logam dengan NonLogam, mengapa? Karena ikatan ion merupakan ikatan yang terjadi transfer elektron atau serah terima elektron antara unsur satu dengan unsur lain, yaitu pada logam atau ion positif (kation) dengan ion negatif (anion).

5. Senyawanya berbentuk kristal.

Senyawa ion ketika berbentuk padatan atau solid memiliki bentuk kristal yang teratur seperti Senyawa Hidrat namun dalam bentuk padatan tidak dapat menghantarkan arus listrik. Contoh Senyawa Ikatan Ion berbentuk kristal nyata yaitu Garam (NaCl) dan masih banyak lagi.

6. Pada umumnya senyawanya berbentuk padat.

Pada umumnya senyawa Ikatan Ion berbentuk padat apabila dalam kandungan murni tanpa ada campuran senyawa lain seperti NaCl berbentuk padat, dan apabila dilarutkan maka senyawa tersebut dapat menghantarkan Listrik.

7. Dalam larutan dapat terurai menjadi ion positif (kation) dan ion negatif (anion).

Ketika senyawa ikatan ion yang berbentuk padat dilarutkan ke sebuah larutan seperti Air maka Senyawa Ikatan Ion akan terurai sesuai dengan ion penyusunnya yaitu ion Logam atau Kation (ion positif) dan ion Nonlogam atau Anion (ion Negatif).

Hal tersebutlah yang mengakibatkan juga Ikatan Ion dapat menghantarkan listrik dalam bentuk Larutan.

Baca juga Contoh Senyawa Ikatan Ion dalam Kehidupan Sehari-hari

Apabila masih ada yang ditanyakan silahkan tanya di kolom komentar dan jangan lupa bagikan ya, terima kasih selamat belajar.

Posting Komentar