mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks

Berikut ini merupakan artikel mengenai Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks dimana tugassains.com akan membahas secara detail agar kalian makin paham dan makin bisa pastinya

Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi
Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks

tugassains.com - Kali ini untuk membahas yang namanya Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks ada baiknya kalian untuk mempelajari yang namanya Definisi atau pengertian dari Reaksi Redoks itu sendiri.

Pengertian Bilangan Oksidasi

mempelajari mengenai Bilangan Oksidasi ga nyambung dong kalo kita gapaham dengan pengertiannya ya.  Bilangan Oksidasi adalah muatan relatif yang di miliki suatu atom akibat melepaskan atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan seperti gas mulia. 

Fungsi Penentuan bilangan oksidasi atom digunakan untuk mengetahui reaksi berlangsung melalui proses redoks atau tidak. Kenaikan atau penurunan bilangan oksidasi digunakan sebagai dasar untuk menentukan jenis apakah reaksi tersebut reduksi atau oksidasi.

Apabila suatu reaksi ditandai dengan adanya penurunan bilangan oksidasi, reaksi tersebut dinamakan Reaksi Reduksi. Sedangkan apabila suatu reaksi ditandai dengan adanya kenaikan bilangan oksidasi, reaksi tersebut dinamakan Reaksi Oksidasi.

Jadi pada intinya Reaksi Reduksi merupakan kebalikan dari Reaksi Oksidasi untuk lebih paham agar kalian makin ngerti dan mudah paham Reaksi Reduksi merupakan penurunan bilangan oksidasi (Reduction=penurunan).

Sedangkan Reaksi Oksidasi merupakan reaksi yang menyebabkan kenaikan bilangan oksidasi (Oxidation=kenaikan) dapat diartikan sebagai proses kenaikan bilangan Oksidasi. 

  • Oksidator adalah zat yang dapat mengoksidasi zat lain, atau diartikan zat yang mengalami reduksi pada saat bereaksi.
  • Reduktor adalah zat yang dapat mereduksi zat lain, lebih mudahnya zat yang mengalami oksidasi pada saat bereaksi.
  • Reaksi autoredoks (disproporsionasi) merupakan reaksi redoks di mana oksidator dan reduktor merupakan zat yang sama.

Agar lebih mudah dipahami mari kita langsung bahas di Contoh Soalnya.

Contoh Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks

Mari kita bahas menganai beberapa Contoh Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks:

1. Perhatikan reaksi berikut ini antara Larutan FeCl3 dengan gas H2S:

Contoh Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks
Contoh Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks

Pada persamaan reaksi di atas senyawa H2S bertindak sebagai reduktor karena mengalami kenaikan bilangan oksidasi dari -2 menjadi 0. Dan sebaliknya, senyawa FeCl3 bertindak sebagai oksidator karena mengalami penurunan bilangan oksidasi dari +3 menjadi +2.

Oksidator: FeCl3(aq)
Reduktor: H2S(g)
Hasil Oksidasi: S(s)
Hasil Reduksi: FeCl2(aq)

Sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa Kenaikan bilangan oksidasi (reaksi oksidasi) dan penurunan bilangan oksidasi (reaksi reduksi) selalu terjadi bersamaan dalam reaksi kimia.

Jadi intinya untuk membuktikan apakah reaksi tersebut Reaksi Redoks atau bukan yaitu dengan adanya Reaksi yang mengalami perubahan Bilangan Oksidasi pada penyusunnya.

2. Mari kita coba dengan satu soal lagi biar makin paham yaitu sebuah reaksi antara Aluminium dengan Timbal (II) Nitrat:

Contoh Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks
Contoh Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks

Pada contoh persamaan reaksi tersebut diketahui bahwa Aluminium (Al) mengalami reaksi Oksidasi atau kenaikan pada bilangan oksidasinya dari 0 menjadi +3. Sedangkan pada Timbal (Pb/Plumbum) mengalami penurunan bilangan Oksidasi atau terjadi Reaksi Reduksi didalam persamaan dari sebelumnya 0 menjadi +3.

Oksidator: Pb(NO3)2(g)
Reduktor: Al(s)
Hasil Oksidasi: Al(NO3)3(aq)
Hasil Reduksi: Pb(s)

Didalam reaksi Redoks perubahan bilangan Oksidasi merupakan syarat mutlak untuk dapat dikatakan apakah Reaksi tersebut Reaksi Redoks atau bukan.

Kesimpulan

Suatu reaksi Kimia untuk dapat ditentukan apakah reaksi Redoks atau bukan dapat ditentukan dengan adanya perubahan Bilangan Oksidasi didalam Reaksi tersebut. Reaksi yang terdapat perubahan Bilangan Oksidasi dapat kita simpulkan bahwa Reaksi tersebut termasuk kedalam Reaksi Redoks.

Baca juga

Apabila masih ada yang perlu ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar an jangan lupa bagikan, terima kasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar