Sifat Keperiodikan Unsur Keelektronegatifan Beserta Tabel Nilai Skala Pauli

  • ngadimin
  • Jan 07, 2021

Berikut ini adalah Artikel yang berisi tentang Sifat Keperiodikan Unsur Keelektronegatifan Beserta Tabel Nilai di jelaskan secara detail dan jelas agar mudah dipahami

Sifat Keperiodikan Unsur Keelektronegatifan Beserta Tabel Nilai Skala Pauli

tugassains.com – hi kali ini tugassains.com berbagi seputar materi Kimia yaitu kita akan membahas Sifat Keperiodikan Unsur mengenai Sifat Keperiodikan Unsur Keelektronegatifan dan beserta Tabel Nilai Skala Pauli juga loh.

Apasih yang bakal kita bahas di materi Sifat Keperiodikan Unsur Keelektronegatifan yaitu kita akan belajar Pengertian Sifat Keperiodikan Unsur, Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Keelektronegatifan, kemudian penemu atau perujuk Sifat Keperiodikan Unsur Keelektronegatifan dan juga Tabel Nilai Skala Pauli untuk mengetahui nilai Keelektronegatifan Unsur.

Pengertian Sifat Keperiodikan Unsur

Sifat Keperiodikan Unsur adalah sifat-sifat unsur yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur dari atas ke bawah pada suatu golongan atau dari kiri ke kanan dalam satu periode. 

Nah Sifat Keperiodikan Unsur ini meliputi pengaruhnya terhadap Jari-Jari Atom, Energi Ionisasi, Afinitas Elektron dan Keelektronegatifan. Kali ini kita akan membahas Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Keelektronegatifan Beserta Tabel Nilai Pauli. Mari kita bahas yuk satu persatu

Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Keelektronegatifan

Sebelum kita belajar lebih jauh ada baiknya kalian harus tahu Pengertian Keelektronegatifan Unsur. Definisi Keelektronegatifan yaitu kecenderungan suatu unsur untuk menarik eleektron sehingga bermuatan negatif. 

Nah dalam sebuah Sistem Periodik Unsur terdafat sifat keperiodikan atau ciri khas perubahan nilai keelektronegatifan unsur, berikut ini adalah Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Keelektronegatifan

  1. Dalam suatu golongan dari atas ke bawah, Keelektronegatifan semakin berkurang.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, Keelektronegatifa semakin bertambah.

Sebenarnya Harga Keelektronegatifan itu bersifat relatif antara satu atom dengan satu atom lainnya. Oleh karena itu tidak ada sifat tertentu yang dapat diukur untuk menentukan atau membandingkan kelektronegatifan unsur-unsur.

Tabel Skala Pauli (Tabel Keelektronegatifan Unsur)

Linus Carl Pauling (1901-1994) membuat sebuah skala nilai Keelektronegatifan yang terkenal dengan sebutan skala Pauling. Skala ini berfungsi untuk mengukur keelektronegatifan suatu unsur. Harga skala Pauling ini berkisar antara 0,7 (dimiliki oleh unsur Fransium  (Fr)) sampai dengan 4,0 (dimiliki oleh unsur Fluor (F)). Dibawah ini merupakan Skala Pauli atau Tabel Keelektronegatifan Unsur:

Tabel Keelektronegatifan Unsur
Tabel Skala Pauli (Tabel Keelektronegatifan Unsur)

Sehingga dapat disimpulkan apabila sebuah atom memiliki keelektronegatifan yang besar maka semakin mudah membentuk ion negatif dan sebaliknya apabila sebuah atom memiliki keelektronegatifnan yang kecil maka semakin sukar dalam membentuk ion negatif dan semakin mudah membentuk ion positif.

Semakin besar nilai keelektronegatifan maka semakin besar kemungkinan unsur tersebut untuk mejadi ion negatif dan sebaliknya juga

Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tanya pada kolom komentar dan jangan lupa bagikan semangat terus belajarnya.

Related Post :