Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian dan Contoh Soal

  • ngadimin
  • Jan 13, 2021

Berikut ini adalah artikel yang berisi tentang penjelasan mengenai Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian dan Contoh Soal dengan lengkap agar mudah dipahami

Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian
Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian dan Contoh Soal

tugassains.com – Didalam dunia Matematika kita mengenal yang namanya Peluang. Nah untuk menentukan peluang sebuah kejadian terdapat Ruang Sampel, untuk menentukan Ruang Sampel dari Percobaan Peluang Kejadian terdapat banyak cara yaitu Cara Mendatar, Cara Tabel dan juga Cara Pohon Faktor. Mari kita pelajari

Cara Untuk Menentukan Ruang Sampel

Sesuai yang kita bahas diatas bahwa terdapat banyak cara untuk Menentukan Ruang Sampel terdapat Cara Mendatar, Cara Tabel dan juga Cara Pohon Faktor. Masing-masing dari cara tersebut terdapat penggunaan cara yang sesuai dengan contoh kejadian dan terdapat kelebihan dan kekurangan. Masing-masing dari Cara Menentukan Ruang Sampel yaitu:

1. Dengan Cara Mendatar

Cara Mendatar merupakan cara menentukanruang sampel yang paling banyak di gunakan, di karenakan mudahnya dalam mencari Ruang Sampel, namun dengan Cara Mendatar juga memiliki kekurangan yaitu apabila kita mencari peluang, ruang sampel cenderung sering terjadi selip nilai apabila memiliki banyak ruang sampel.

Contoh Soal Peluang Kejadian Dengan Cara Mendatar

Misalkan tentukan ruang sampel dari pelemparan sebuah uang logam yang masing-masing memiliki sisi Angka(A) dan Gambar(G) dan sebuah dadu bersisi enam dengan cara mendatar!

Yaitu penyelesaiannya dengan cara mendatar yaitu hanya dengan menuliskan secara mendatar nilai-nilai ruang sampel yang mungkin sehingga:
Ruang Sampel (S) : {A1, A2, A3, A4, A5, A6, G1, G2, G3, G4, G5, G6} 

2. Dengan Cara Tabel

Pada Cara Tabel untuk Menentukan Ruang Sampel ini sangatlah sering di gunakan terutama pada dua objek misalnya pada dua buah dadu, dua buah uang logam dan sebuah dadu dengan sebuah uang logam dan tidak lebih dari 2 objek percobaan, oke simak lebih dalem nih gimana caranya.

Contoh Soal Peluang Kejadian Dengan Cara Tabel

Misalkan tentukan ruang sampel dari pelemparan sebuah uang logam yang masing-masing memiliki sisi Angka(A) dan Gambar(G) dan sebuah dadu bersisi enam dengan cara tabel!

Yaitu penyelesaiannya dengan menggambarkan tabel dan memnuliskan masing-masing objek untuk mencari ruang sampel sehingga:

Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian

3. Dengan Cara Pohon Faktor

Cara yang terakhir yaitu cara yang paling mudah penjelasaannya dan sedikit terjadi kesalahan karena dengan cara pohon faktor semua di bahas mendetail untuk mencari Ruang Sampel Kejadian dengan mudah dan lebih jelas.

Kelebihan mencari Ruang Sampel dengan pohon faktor yaitu dapat dipakai dengan banyak objek seperti dengan 3 buah dadu sekalipun, namun kekurangannya yaitu lebih memakan banyak kertas karena perlu gambar.

Contoh Soal Peluang Kejadian Dengan Cara Pohon Faktor

Misalkan tentukan ruang sampel dari pelemparan tiga uang logam yang masing-masing memiliki sisi Angka(A) dan Gambar(G) dengan cara pohon faktor!

penyelesaiannya yaitu gambarkan pohon faktor dengan sesuai jumlah objek dan saling hubungkan dengan urutannya pohon faktor seperti ini:

Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian dan Contoh Soal

Untuk melatih pemahaman tentang Cara Menentukan Ruang Sampel Peluang Kejadian dan Contoh Soal dapat dilakukan dengan melatih diri dengan soal-soal latihan di bukumu dan apabila terdapat hal yang belum dipahami dapat menuliskan komentar di bawah ya admin Naufal selalu membantumu kok.

Untuk memperdalam materimu baca juga tentang Pengertian Percobaan, Ruang Sampel, Titik Sampel, dan Kejadian Beserta Contoh Soal

Terima kasih semoga bermanfaat.

Related Post :