mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Perbedaan Campuran Homogen Dengan Campuran Heterogen Dan Contohnya

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan tentang apasih itu Perbedaan Campuran Homogen Dan Heterogen Dan Contohnya ditulis dengan singkat dan jelas agar mudah dipahami

Perbedaan Campuran Homogen Dengan Campuran Heterogen Dan Contohnya
Perbedaan Campuran Homogen Dengan Campuran Heterogen Dan Contohnya

tugassains.com - Kalian sahabat tugassains.com pasti udah ngga asing lagi dengan yang Namanya Campuran Homogen dan Campuran Heterogen, dimana materi tersebut biasa kalian pelajari di Materi Kimia, dimana kalian harus bisa membedakan antara kedua jenis Campuran ini.

Mari kita pelajari mulai dari Pengertian Campuran, Pengertian Campuran Homogen, Pengertian Campuran Heterogen, Perbedaan Campuran Homogen dengan Campuran Heterogen dan Contoh Campuran Homogen dan Campuran Heterogen, mari kita mulai pelajari secara urut.

Pengertian Campuran

Campuran secara umum dapat disimpulkan dengan perpaduan antara dua zat atau lebih menjadi satu. Namun Campuran didalam dunia kimia memiliki arti yang hampir sama, yaitu  Campuran adalah gabungan atau kombinasi antara dua buah zat atau lebih dimana campuran tidak bergabung secara kimiawi sehingga sifat fisiknya tetap.

Contoh Campuran: Campuran antara air dengan madu (keduanya akan tercampur dalam satu campuran). 

Pengertian Campuran Homogen

Campuran Homogen sesuai namanya homogen atau sejenis, Namun Campuran Homogen adalah campuran atau perpaduan dua zat atau lebih yang tidak dapat dibedakan hanya dengan dilihat karena sifat dan bentuk kedua zat sama seperti air dengan madu yang keduannya berbentuk cair.

Sehingga tidak dapat dengan mudah dibedakkan komponen penyusunnya antara satu dengan yang lain, apabila dibedakan hanya dengan mata saja. Dan campuran homogen pada umumnya tercampur dengan sempurna antara satu dengan lain.

Pengertian Campuran Heterogen

Berbeda dengan Campuran Homogen, Campuran Heterogen merupakan campuran atau perpaduan antara dua buah zat atau lebih yang bersifat hetero atau berbeda komponen penyusunnya seperti air dengan pasir, sehingga dapat di bedakan dengan mata di bedakan penyusunnya.

Contoh dari Campuran Heterogen yaitu seperti air dengan pasir yaitu campuran antara kedua bahan tersebut dapat dengan mudah dibedakan komponen penyusunnya hanya dengan mata saja dan tidak tercampur antara keduanya karena sifat zat yang berbeda.

Ciri-Ciri Campuran Homogen Dengan Campuran Heterogen

Campuran Homogen memiliki sifat-sifat seperti berikut:

  • Zat Pelarut dan Zat Terlarut sulit di bedakan.
  • Susah dipisahkan Larutan Penyusunnya.
  • Wujud Pelarut dan Terlarut sama.

Campuran Heterogen memiliki ciri-ciri yaitu:

  • Zat Pelarut dan Zat Terlarut mudah di bedakan.
  • Mudah dipisahkan Larutan Penyusunnya.
  • Wujud Pelarut dan Terlarut berbeda.

Contoh Campuran Homogen Dengan Campuran Heterogen

Agar kalian tahu contoh-contoh dari campuran homogen dan heterogen kalian dapat dengan mudah mengetahuinya setelah memahami perbedaan kedua campuran tersebut. Nah berikut merupakan beberapa contoh Campuran Homogen dan Campuran Heterogen

Contoh Campuran Homogen di sekitar lingkungan hidup kita:

  • Larutan campuran antara Garam dengan Air.
  • Larutan campuran antara Madu dengan Air.
  • Larutan campuran antara Gula dengan Air.

Contoh Campuran Heterogen di sekitar lingkungan hidup kita:
  • Campuran antara Teh dengan Air.
  • Campuran antara Pasir dengan Air.
  • Campuran antara Kopi dengan Air.

Kesimpulannya yaitu Campuran Heterogen merupakan campuran anatara dua buah zat yang sejenis sifat dan bentuknya dan tidak dapat dibedakkan penyusunnya hanya dengan penglihatan mata saja seperti campuran antara sirup dengan air.

Sedangkan Campuran Homogen merupakan campuran antara dua buah zat yang berbeda sifat dan bentuknya sehingga dapat dengan mudah dibedakan hanya dengan penglhatan mata seperti campuran antara air dengan pasir.

Apabila masih ada yang belum paham silahkan tanya dikolom komentar dan jangan lupa bagikan.

Posting Komentar