mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Mendeleev

Pada artikel ini berisi mengenai pembahasan dari Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Mendeleev yang di bahas secara jelas dan mendalam agar mudah dipahami

Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Mendeleev
Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Mendeleev

tugassains.com - Sebelum Sistem Periodik Unsur Modern yang saat ini biasa kita gunakan pada masa sebelumnya telah di temukan berbagai jenis Pengelompokkan Unsur Periodik yang disusun oleh ilmuwan. 

Salah satunya Sistem Periodik Mendeleev dimana pada sistem periodik tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan.Apasih Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Mendeleev dan bagaimana Sistem Unsur Periode yang dibuat oleh ilmuwan yang bernama Mendeleev ini?

Mendeleev adalah ilmuwan yang menemukan Sistem Periodik Unsur Mendeleev, dia bernama lengkap Dmitriy Ivanovich Mendeleyev yaitu seorang ilmuwan yang berkebangsaan Rusia yang hidup dari 8 Februari 1834 – 2 Februari 1907.

Baca Juga Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Lothar Meyer

Berdasarkan pengamatannya yang dilakukan pada tahun 1869 Mendeleev melakukan penelitian terhadap 63 unsur yang sudah ditemukan dan dikenal saat itu.

Penyusunan Sistem Periodik Mendeleev

Pada Sistem Periodik Mendeleev atom yang disusun pada sistem periodiknya disusun berdasarkan massa atom relatifnya, yaitu ketika mendeleev menyusun atom berdasarkan massa atom relatifnya muncul sifat tertentu secara berulang.

Sistem periodik unsur mendeleev disusun dengan mementingkan sifat-sifat unsur, sehingga terdapat ruang-ruang kosong pada sistem periodiknya.

Kemudian di tahun 1871 Mendeleev menerbitkan Tabel Sistem Periodik Unsur Mendeleev yang  merupakan perbaikan dari Tabel Sistem Periodik sebelumnya yang ia buat. 

Tabel yang disempurnakan oleh Mendeleev terdiri oleh golongan pada lajur tegak dan periode pada lajur mendatar seperti pada tabel dibawah.

Tabel Sistem Periodik Unsur Mendeleev
Tabel Sistem Periodik Unsur Mendeleev

Pada ruang kosong tersebut kemudian terisi oleh Unsur tersebut yaitu unsur Germanium yang sebelumnya dinamakan dengan Ekasilikon oleh Mendeleev, yaitu terletak dibawah Silikon dan unsur Galium dibawah unsur Aluminium.

Dimana pada unsur yang baru terisi tersebut memang benar adanya terdapat kemiripan dengan  unsur yang ada dalam pengelompokkan.

Sistem Periodik Unsur Mendeleev disusun berdasarkan massa atom relatifnya.

Kelebihan Sistem Periodik Unsur Mendeleev

Pada Sistem Periodik Unsur yang ditemukan oleh mendeleev terdapat banyak kelebihan yang ada yaitu:

  1. Munculnya keteraturan sifat unsur-unsur pada satu golongan dan berubah secara teratur.
  2. Sistem Periodik Unsur yang pertama kali disusun dengan bentuk tabel yaitu terdapat delapan golongan dan dua belas periode.
  3. Nilai Elektron Valensi tertinggi sesuai dengan nomor golongan pada tabel periodik unsur.
  4. Dapat memperkirakan sifat unsur yang waktu itu belum dikenal berdasarkan sisi kosong di tabel Sistem Periodik Unsur Mendeleev.  

Kelemahan Sistem Periodik Unsur Mendeleev

Dibalik kelebihan pada Sistem Periodik Mendeleev terdapat kekurangan yang ditemukan yaitu

  1. Penempatan unsur tidak sesuai dengan kenaikan massa atom relatifnya, hal tersebut terjadi akibat penempatan unsur mempertahankan kemiripan sifat unsur dalam satu golongan.
  2. Masih banyak unsur yang belum dikenal saat itu sehingga banyak terdapat ruang kosong pada Sistem Periodik Unsur Mendeleev.

Baca Juga Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Oktaf Newlands

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanya di kolom komentar dan jangan lupa bagikan, semoga bermanfaat terima kasih.

Posting Komentar