Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner

  • ngadimin
  • Feb 12, 2021

Di artikel ini kita akan belajar mengenai Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner yang dijelaskan secara mudah dan jelas

Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner
Kelebihan dan Kelemahan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner

tugassains.com – Sebelum Sistem Periodik Unsur Modern yang biasa kita gunakan di susun, telah banyak ilmuwan yang mencoba untuk menyusun Sistem Periodik Unsur sendiri. Salah satunya Sistem Periodik Unsur 

Kembali lagi dengan tugassains.com kali ini kita bahas yang namanya Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner, dimana Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner ini merupakan Sistem Periodik Unsur yang jauh sebelum ditemukan Sistem Periodik Unsur yang kita pakai saat ini.

Penemu Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner

Yap sesuai namanya Sistem Periodik  Unsur ini ditemukan oleh yang ilmuan yang namanya Dobereiner, memiliki nama lengkap Johann Wolfgang Döbereiner dimana dia adalah seorang ilmuwan yang berkebangsaan Jerman yang hidup dari 13 Desember 1780 – 24 Maret 1849.

Jaadi Triade Dobereiner ini adalah ilmuwan kimia yang menyusun sistem periodik unsur berdasarkan massa atom pertama kali, gimana sih ceritanya kok bisa nemuin Sistem Periodik Unsur Triade?

Yaitu dalam sebuah penelitian Johann Wolfgang Döbereiner pada tahun 1829 menemukan sebuah fakta bahwa massa atom relatif (Ar) atom Stronsium (Sr) berdekatan dengan dua massa atom relatif yaitu massa atom relatif Kalsium (Ca) dan Barium (Ba).

Nah dari ketiga unsur tersebut dikelompokkan dan diberi nama sebagai Triade. Nah berikut ini adalah salah satu triade yang ditemukan oleh Johann Wolfgang Döbereiner dalam Teori nya:

Salah satu Triade yang di temukan Johann Wolfgang Döbereiner
Salah satu Triade yang di temukan Johann Wolfgang Döbereiner

Dalam satu Triade unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan kenaikan massa atom relatif (Ar). Berdasarkan aturan yang ditemukan Johann Wolfgang Döbereiner yaitu massa atom relatif unsur kedua merupakan rata-rata dari massa massa atom relatif unsur pertama dan ketiga.

Dengan adanya penemuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara massa atom dengan sifat-sifat unsur. Berikut ini adalah Sistem Periodik Unsur Triade:

Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner
Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner

Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner

Kelebihan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner:

Kelebihan dari Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner adalah adanya kemiripan sifat antara unsur yang berada di tengah dengan unsur yang unsur yang berada di tepi sebelah kanan dan kiri.

Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner :

Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner yaitu tidak dapat mengklasifikasikan unsur – unsur yang jumlahnya banyak dan mirip walaupun sifatnya sama dengan unsur didalam kelompok triade tersebut.

Untuk melatih pemahaman tentang Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Triade Dobereiner dapat dilakukan dengan melatih diri dengan soal-soal latihan di bukumu dan apabila terdapat hal yang belum dipahami dapat menuliskan komentar di bawah ya tugassains.com selalu membantumu kok.

Untuk memperdalam materimu baca juga tentang Kelebihan dan Kelemahan Pengelompokkan Sistem Periodik Unsur Lavoisier

Terima kasih semoga bermanfaat.

Related Post :