mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Rumus Pengenceran dan Cara Mengencerkan Larutan

Pengenceran Larutan
Pengenceran Larutan

tugassains.com - Larutan merupakan campuran antara dua buah hal yaitu zat terlarut dan zat pelarut dimana pada larutan, zat terlarut merupakan larutan yang banyak zat lebih sedikit dibandingkan dengan zat pelarut.

Banyak Zat Pelarut > Banyak Zat Terlarut

Contoh dikehidupan sehari-hari dari zat terlarut adalah garam, gula, sirup dan zat pewarna sedangkan untuk zat pelarut dapat berupa air dan alkohol. Selanjutnya kita akan belajar mengenai pengenceran atau penambahan zat pelarut kedalam zat terlarut berikut.

Baca Juga Contoh Soal Pengenceran

Pengertian Pengenceran Larutan

Apa itu Pengenceran Larutan? adalah sebuah proses penurunan konsentrasi larutan dengan penambahan zat pelarut seperti air ke dalam larutan pekat agar diperoleh larutan dari yang semula pekat menjadi lebih encer untuk dapat digunakan sesuai kebutuhan seperti pada percobaan.

Tujuan dilakukannya pengenceran dari suatu larutan adalah memperoleh larutan dengan konsentrasi yang lebih rendah atau encer, seperti dalam laboratorium yang biasanya masih dalam berbentuk pekat.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Sebelum melakukannya kita perlu melakukan perhitungan terkait banyaknya zat terlarut, dan zat perlarut sesuai dengan konsentrasinya.

Rumus Pengenceran Larutan

Untuk melakukannya kita tidak sembarang manambahkan zat pelarut sebanyak mungkin, dimana kita membutuhkan perhitungan yaitu misalnya kita menginginkan larutan yang lebih encer dengan konsentrasi tertentu dari larutan. Berikut merupakan rumus yang digunakan:

Rumus Pengenceran
Rumus Pengenceran

Keterangan:

V1 = Volume larutan pekat dalam liter (L)
M1 = Konsentrasi larutan pekat dalam molaritas (M)
V2 = Volume larutan encer dalam liter (L)
M2 = Konsentrasi larutan encer dalam molaritas (M)
X = Pelarut yang di tambahkan dalam liter (L)

Ingat kembali bahwa V2 = V1 + X

Setelah mengetahui rumusnya mari kita coba menghitung dan mengetahui bagaimana langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan pengenceran konsentrasi larutan.

Cara Megencerkan Larutan Kimia

Untuk melakukan pengenceran dari suatu larutan kita perlu melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus seperti berikut.

Contoh: Seorang murid diberikan tugas oleh gurunya untuk mengencerkan larutan HCl 3 M sebanyak 100mL menjadi lebih encer dengan konsentrasi 0.5 M. Tentukan berapa banyak air sebagai pelarut yang dibutuhkan untuk melakukan pengenceran?

diketahui:
V1 = 100mL
      = 0,1 L
M1 = 3 M
M2 = 0,5 M

pastikan ketika melakukan perhitungan gunakan satuan besaran yang sama.

ditanya: X(banyak air untuk melarutkan)? 

penyelesaian:
Hitung banyak air yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus.

V1 × M1 = (V1 + X)M2 

0,1 × 3 = (0,1 + X)0,5
0,3/0,5 = 0,1 + X
0,6 - 0,1 = X
0,5 = X

Jadi banyak air pelarut yang ditambahkan ke larutan sebanyak 0,5 Liter atau 500mL.

Setelah mengetahui perhitungan banyak zat yang dibutuhkan antara bahan pelarut dan zat pelarut, selanjutnya kita akan melakukan pengenceran dengan prosedur yang benar.

Baca Juga Cara Menghitung ppm dan ppb

Langkah-langkah Pengenceran Larutan:

Bagaimana cara mengencerkan sebuah larutan kimia yang benar? Untuk itu kita dapat mengikuti langkah-langkah prosedur percobaan berikut ini:

1. Siapkan zat yang akan dilarutkan, zat pelarut dan alat-alat pengenceran seperti gelas beaker, gelas ukur, pengaduk kaca, serta botol reagen sebagai wadah hasil larutan yang telah diencerkan.

2. Hitung banyak zat terlarut dan bahan pelarut sesuai dengan konsentrasi larutan yang diinginkan menggunakan rumus seperti dengan contoh perhitungan sebelumnya.

3. Setelah melakukan perhitungan kita akan mengetahui banyaknya zat terlarut dan pelarut yang dibutuhkan, tuang ke dalam gelas ukur dan sesuaikan dengan hasil perhitunan.

3. Tuangkan zat pelarut ke dalam larutan pekat yang akan diencerkan secara perlahan dan aduk dengan pengaduk kaca, lakukan dengan hati-hati.

4. Setelah tercampur dengan baik, larutan yang diencerkan siap untuk digunakan dalam percobaan.

Berhati-hati ketika melakukan pengenceran larutan gunakan baju laboratorium dan kaca mata laboratorium untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar