mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Pengertian Probabilitas dengan Penjelasannya

Post a Comment

 Pada artikel ini kita akan membahas mengenai Matematika Statistika yaitu Pengertian Probabilitas dengan Penjelasannya

Pengertian Probabilitas dengan Penjelasannya
Pengertian Probabilitas dengan Penjelasannya

tugassains.com - Probabilitas seringkali kita dengan ketika mempelajari matematika ataupun statistika baik masih dibangku sekolah menengah bahkan hingga bangku kuliah mempelajari probabilitas.

Sebenernya apakah itu Probabilitas? Kapan probabilitas digunakan? Dan apa manfaat mempelajari probabilitas? mari kita simak dengan membaca penjelasan berikut ini.

Pengertian Probabilitas

Probabilitas (Probability) adalah sebuah nilai yang digunakan untuk menghitung besar peluang suatu kejadian. Probabilitas seringkali disebut dengan istilah peluang atau kemungkinan.

Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menerapkan probabilitas namun kita tidak menyadari bahwa kegiatan tersebut dapat di hitung secara matematika menggunakan probabilitas.

Probabilitas memiliki cakupan yang luas baik dalam Matematika Statistika, baik digunakan dalam statistika penduduk, uji coba produk di perusahaan, dan masih banyak lagi.

Probabilitas sendiri memiliki nilai antara 0 hingga 1, apabila lebih ataupun kurang dari kisaran tersebut dapat dikatakan bahwa nilai probabilitas salah. Dan probabilitas memiliki simbol P(A) yang berarti peluang kejadian dari A kejadian.

Nilai Probabilitas = 0 ≤ P(A) ≤ 1

Rumus Probabilitas

Pada probabilitas atau peluang terdapat yang namanya Peluang Kejadian, Banyak Kemungkinan dan Ruang Sampel. Mari kita bahas Apa itu Peluang Kejadian, Banyak Kemungkinan dan Ruang Sampel.

Rumus Probabilitas
Rumus Probabilitas

Peluang Kejadian adalah nilai yang menyatakan kemungkinan terjadi sebuah kejadian, misalkan peluang kejadian muncul mata dadu bernilai 1 ketika di lemparkan. Peluang Kejadian dilambangkan dengan P(A).

Untuk Banyak Kemungkinan adalah banyak himpunan kejadian dan dilambangkan dengan n(A) yang berarti banyak kejadian A. Misal pada dua buah dadu berapa banyak kemungkinan muncul mata dadu bernilai 3, yaitu {(1,2), (2,1)} sehingga n(A) = 2.

Sedangkan Ruang Sampel merupakan banyak himpunan semua kejadian yang mungkin pada sebuah percobaan. Ruang Sampel sering juga disebut dengan semesta, dan dilambangkan dengan S. Dan banyak Ruang Sampel dilambangkan dengan n(S).

Misal pada sebuah kejadian melempar sebuah dadu terdapat ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} dimana banyak ruang sampel n(S) = 6.

Contoh Probabilitas

Hitung Probabilitas munculnya mata dadu bernilai genap dalam sekali lempar.

Jawab:
n(A) = {2, 4, 6} = 3
n(S) ={1, 2, 3, 4, 5, 6} = 6

P(A) = n(A)/n(S)
P(A) = 3/6
P(A) = 0,5

Jadi probailitas muncul dadu angka genap dalam sekali lemparan 0,5.

Baca Juga

Sekian terima kasih semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan.

Related Posts

Post a Comment