mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Cara Menghitung Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

 Pada artikel ini kita akan belajar Pengertian dan Bagaimana Cara Menghitung Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dengan pembahasan beserta langkah-langkah yang mudah

Cara Menghitung Tabel Distribusi Frekuensi Relatif
Cara Menghitung Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

tugassains.com - Ketika belajar mengenai Statistika ataupun Probabilitas pasti kita sudah tidak asing dengan data berkelompok yang disajikan dengan Tabel Distribusi Frekuensi. 

Namun Tabel Distribusi Frekuensi sendiri memiliki beberapa jenis yaitu Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif, Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dan Tabel Distrbusi Frekuensi Kumulatif Relatif yang ketiganya memiliki definisi dan penyajian yang berbeda.

Dan kita akan mempelajari Pengertian dari Tabel Distribusi Frekuensi Relatif beserta Langkah-langkah membuat Tabel Distribusi Frekuensi Relatif.

Pengertian Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

Tabel Distribusi Frekuensi Relatif adalah penyajian data berkelompok dengan tabel yang dimana dikelompokkan dalam bentuk kelas interval dengan frekuensi yang berbentuk persentase.

Frekuensi dalam bentuk persentase diperoleh dari membagi frekuensi pada masing-masing kelas interval dengan jumlah frekuensi dari data berkelompok tersebut.

Untuk dapat membuat Tabel Distribusi Frekuensi Relatif kita dapat mengikuti langkah-langkah dibawah namun sebelum itu kita harus paham bagaimana mencari tabel distribusi frekuensi karena kita akan membutuhkannya sebelum membuat.

Frekuensi Relatif pada Tabel Distribusi Frekuensir Relatif berbentuk persentase.

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

Dari Tabel Distribusi Frekuensi data berkelompok yang akan dibuat tabel ditribusi frekuensi relatif dapat kita cari dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama: Pastikan data berkelompok yang akan dicari sudah dalam bentuk tabel distribusi jika belum ubah terlebih dahulu data acak. Anda dapat mempelajari pada artikel Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

Langkah kedua: Hitung besar persentase frekuensi dari tabel distribusi frekuensi dengan membagi frekuensi tiap kelas interval dengan jumlah seluruh frekuensi data berkelompok.

Cara Menghitung Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

Dari rumus mencari Frekuensi Relatif diperoleh masing-masing frekuensi relatif yaitu:

Frekuensi Relatif kelas interval ke-1 = 7,5%
Frekuensi Relatif kelas interval ke-2 = 12,5%
Frekuensi Relatif kelas interval ke-3 = 25%
Frekuensi Relatif kelas interval ke-4 = 22,5%
Frekuensi Relatif kelas interval ke-5 = 20%
Frekuensi Relatif kelas interval ke-6 = 12,5%

Pastikan jumlah persentase frekuensi relatif kelas interval sama dengan 100% jika tidak berarti terdapat kesalahan dalam menghitung.

Langkah ketiga: Gambar tabel distribusi frekuensi relatif dengan menambah kolom pada tabel untuk baris frekuensi relatif yang telah dicari pada langkah sebelumnya.

Cara Menghitung Tabel Distribusi Frekuensi Relatif
Perlu diperhatikan bahwa hasil akhir ketika menghitung tabel distribusi frekuensi relatif jumlah frekuensi relatif harus bernilai 100% tidak kurang dan lebih, jika tidak maka terdapat kesalahan dalam menghitung.

Bagaimana? mudah kan untuk dapat membuat tabel distribusi frekuensi relatif data berkelompok, dengan mengikuti langkah tersebut dengan runtut.

Baca Juga Penyajian Data Berkelompok Histogram, Poligon dan Ogive

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar.

Posting Komentar