mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Cara Mudah Membuat Ogive Positif dan Ogive Negatif

Post a Comment

 Pada artikel ini kita akan membagikan bagaimana Cara Membuat Ogive Positif dan Ogive Negatif dari Tabel Distribusi Frekuensi dengan mudah dan jelas

Cara Mudah Membuat Ogive Positif dan Ogive Negatif
Cara Mudah Membuat Ogive Positif dan Ogive Negatif

tugassains.com - Ogive dalam Statistika merupakan grafik yang tersusun dari Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif. Ogive sendiri memiliki dua jenis dalam pembagiannya berdasarkan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif.

Yaitu Ogive Positif dan Ogive Negatif meskipun memiliki nama yang hampis sama bentuk dan sifat pada kedua ogive tersebut berbeda jauh.

Untuk dapat membuat Ogive baik ogive positif maupun negatif kita memerlukan perhitungan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif mari kita bahas bersama.

Baca Juga Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif

Pengertian Ogive Positif

Ogive Positif adalah kurva atau grafik yang tersusun dari Tabel distribusi frekuensi kumulatif kurang dari. Pada Ogive Positif nilai dari grafik atau bentuk grafik akan berbentuk cenderung naik hingga nilai frekuensi kumulatif terbesar paling bawah pada tabel.

Hal tersebut terjadi karena nilai frekuensi kumulatif kurang dari yang cenderung naik dari kelas sebelumnya.

Ogive Positive menggunakan nilai frekuensi kumulatif kurang dari.

Cara Membuat Ogive Positif

Membuat Ogive Positif

Untuk membuat Ogive Positif terlebih dahulu mengetahui batas bawah dan batas atas kemudian mencari frekuensi kumulatif kurang dari pada tabel distribusi frekuensi.

Frekuensi Kumulatif Kurang Dari

Setelah diperoleh batas bawah dan batas atas serta frekuensi kumulatif kurang dari selanjutnya kita gambar, dengan sumbu horisontal atau mendatar adalah batas bawah dan batas atas. Sedangkan sumbu vertikal atau tegak adalah frekuensi kumulatif kurang dari.

Cara Membuat Ogive Positif

Kurva pada ogive positive selalu bergerak dari bawah ke atas.

Pengertian Ogive Negatif

Ogive Negatif merupakan kurva atau grafik yang tersusun dari data yang diperoleh pada Tabel distribusi frekuensi kumulatif lebih dari. Pada Ogive Negatif grafik akan cenderung menurun kebawah hingga nilai frekuensi kumulatif terkecil.

Hal tersebut akibat dari nilai frekuensi kumulatif lebih dari yang selalu menurun atau mengecil nilainya dari kelas sebelumnya.

Ogive Negatif tersusun dari tabel distribusi frekuensi kumulatif lebih dari.

Cara Membuat Ogive Negatif

Membuat Ogive Negatif

Dari tabel distribusi frekuensi carilah nilai batas atas, batas bawah dan frekuensi kumulatif lebih dari terlebih dahulu. Frekuensi Kumulatif lebih dari dihitung dari pengurangan jumlah frekuensi dengan frekuensi kelas pertama ke kelas selanjutnya begitu seterusnya.

Frekuensi Kumulatif Lebih Dari

Kemudian gambar ogive negatif berdasarkan data pada tabel distribusi frekuensi kumulatif tersebut dengan sumbu mendatar adalah batas atas dan batas bawah. Sedangkan sumbu horisontal adalah frekuensi kumulatif lebih dari.

Cara Membuat Ogive Negatif

Kurva Ogive Negatif selalu bergerak dari atas ke bawah.

Meskipun Ogive Positif dan Ogive Negatif hampir sama keduanya jelas berbeda jangan sampai salah membedakan ya.

Baca juga Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar.

Related Posts

Post a Comment