mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Penyajian Data Berkelompok Histogram, Poligon dan Ogive

Post a Comment

 Pada artikel ini kita akan belajar mengenai jenis Penyajian Data dengan Histogram, Poligon dan Ogive yang dijelaskan secara mudah dan jelas

Penyajian Data Berkelompok Histogram, Poligon dan Ogive
Penyajian Data Berkelompok Histogram, Poligon dan Ogive

tugassains.com - Dalam penyajian data berkelompok terdapat banyak cara untuk menyajikan data, dan di artikel ini kita akan belajar mengenai penyajian data dengan Histogram, Poligon dan Ogive.

Histogram dan Poligon merupakan penyajian data dengan bentuk tampilan yang berbeda dari tabel distribusi frekuensi namun datanya tetap diperoleh dari tabel distribusi frekuensi. 

Sedangkan pada Ogive merupakan kurva distribusi frekuensi kumulatif yang berbentuk kurva dari dua arah yaitu menjadi ogive positive dan negative. Untuk lebih mudahnya mari kita baca penjelasan berikut mengenai Penyajian Data dengan Histogram, Poligon dan Ogive. 

Namun sebelum itu ada baiknya kalian pahami terlebih dahulu Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi sebagai materi pendahuluannya.

Baca Juga Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok

Dari Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok tersebut ubahlah menjadi dalam bentuk Histogram, Poligon dan Ogive.

Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok

Penyajian Data Kelompok Histogram

Data berkelompok yang sudah menjadi dalam bentuk Tabel Distribusi Frekuensi dapat diubah menjadi dalam bentuk Histogram dengan mudah. Pada umumnya bentuk data kelompok Histogram hanyalah perubahan dari Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok.

Dari berbentuk tabel distribusi frekuensi diubah menjadi dalam bentuk histogram agar data berkelompok lebih mudah dipahami. Cari terlebih dahulu Tepi Atas dan Tepi Bawah dari Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok untuk dapat membuat Histogram.

Setelah mengetahui tepi atas dan tepi bawah dari tabel distribusi frekuensi ubah bentuknya menjadi Histogram.

Penyajian Data Histogram

Penyajian Data Kelompok Poligon

Berbeda dengan Histogram yang menggunakan tepi bawah dan  tepi atas pada Poligon menggunakan titik tengah kelas yang diperoleh dari membagi dua penjumlahan batas atas dan batas bawah seperti berikut.

Kemudian ubah menjadi dalam bentuk kurva poligon seperti berikut, dengan titik nilai yang digunakan berasal dari titik tengah yang sudah dihitung.

Penyajian Data Poligon

Baca Juga Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok

Penyajian Data Kelompok Ogive

Ogive adalah grafik data kelompok yang disusun dari tabel distribusi fekuensi kumulatif, nantinya ogive ini terbagi lagi menjadi dua yaitu:

  1. Ogive Positive untuk ogive yang disusun dari Frekuensi Kumulatif kurang dari.
  2. Ogive Negative untuk ogive yang disusun dari Frekuensi Kumulatif lebih dari.

Sebelum dalam bentuk ogive ubah terlebih dahulu tabel dengan menghitung besar frekuensi lebih dari dan kurang dari.

Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Kurang Dari

Kemudian baru diubah menjadi dalam bentuk kurva Ogive Positive seperti berikut dengan menggunakan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Kurang Dari.

Ogive Positive

Ogive Positive menggunakan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Kurang Dari.

Untuk dapat menggambar ogive negatif kita harus terlebih dahulu mencari nilai Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Lebih Dari seperti berikut:

Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Lebih Dari

Kemudian baru diubah menjadi dalam bentuk kurva Ogive Negative seperti berikut dengan menggunakan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Lebih Dari.

Ogive Negative
Ogive Negative menggunakan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Lebih Dari.

Baca Juga Cara Mudah Membuat Ogive Positif dan Ogive Negatif

Semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyak silahkan diskusikan dikolom komentar, dan janga lupa bagikan terima kasih.

Related Posts

Post a Comment