Pengertian dan Cara Menggunakan Kertas Lakmus

  • Supriyadi Pro
  • Jun 19, 2024
Pengertian dan Cara Menggunakan Kertas Lakmus

tugassains.com – Dalam menentukan suatu zat kimia apakah termasuk kedalam zat asam, netral atau zat basa kita dapat menggunakan berbagai cara seperti menggunakan kertas lakmus, indikator universal, dan pH meter.

Melalui artikel ini kita akan belajar mengenai Pengertian Kertas Lakmus dan Cara Menggunakannya untuk pengujian zat yang bersifat asam dan basa.

Kertas Lakmus
Kertas Lakmus

Baca Juga Teori Asam Basa Arrhenius

Pengertian Kertas Lakmus

Apa itu Kertas Lakmus? Kertas Lakmus adalah jenis kertas yang dapat berubah warna sebagai respon dari nilai keasaman pada suatu larutan saat dicelupkan, sehingga dapat digunakan sebagai media untuk menguji asam dan basa dari suatu larutan.

Sehingga kita dapat gunakan sebagai pH indikator sederhana agar mengetahui suatu larutan apakah asam, netral atau basa. Yaitu kita dapat mengetahui perubahan warna pada kertas lakmus saat bertemu jenis larutan kimia sebagai berikut:

Perubahan Warna Kertas Lakmus
Perubahan Warna Kertas Lakmus

Kertas lakmus biru akan menjadi merah apabila dicelupkan dalam larutan asam, sedangkan kertas lakmus merah menjadi biru pada larutan basa. Namun pada larutan yang bersifat netral warna lakmus tidak akan berubah sedikitpun.

Cara mudah mengingatnya yaitu asam akan mengubah menjadi merah dan basa menjadi biru serta basa akan tetap.

Baca Juga Teori Asam Basa Bronsted Lowry

Cara Menggunakan Kertas Lakmus

Untuk menggunakan kertas lakmus sebagai pengujuan asam dan basa terhadap suatu bahan kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan larutan yang akan kita uji.
  2. Siapkan kertas lakmus biru dan merah masing-masing satu lembar dengan pinset, kita dapat memberi tanda M untuk kertas merah dan B untuk kertas Biru.
  3. Celupkan sebagian kertas lakmus ke dalam larutan dengan berhati-hati, agar lebih mudah mengingat beri tanda di atas kertas lakmus untuk masing-masing kertas.
  4. Amati kertas lakmus yang telah dicelupkan pada larutan uji, dengan menggunakan pinset angkat kertas dan lihat perubahan warna pada kertas.

Sehingga dari langkah-langkah tersebut kita dapat ilustrasikan percobaan pengujian asam dan basa seperti berikut.

Cara Menggunakan Kertas Lakmus
Cara Menggunakan Kertas Lakmus

Sesuai dengan sifat asam dan basa yaitu lakmus biru menjadi merah pada larutan asam (pH < 7) dan pada larutan basa (pH > 7) akan mengubah lakmus merah menjadi biru, dan pada larutan netral seperti air (pH = 7) tidak mengubah warna pada kertas.

Baca juga Teori Asam Basa Lewis

Kita dapat menguji pada berbagai zat disekitar kita, pada larutan asam kita dapat menggunakan asam asetat (cuka dapur) dan jeruk nipis. Sedangkan pada larutan basa kita dapat menggunakan air sabun dan deterjen. Untuk larutan netral contohnya adalah air mineral, air sumur dan larutan garam.

Semoga bermanfaat.

Post Terkait :