Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks

  • ngadimin
  • Nov 13, 2023
Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks

Berikut ini adalah artikel yang berisi tentang Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks silahkan dipahami dan dibaca secara mendalam agar makin bisa pastinya

www.tugassains.com 001
Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks

tugassains.com – Hi kalian tugassains.com kali ini akan menerangkan materi kimia mengenai Reaksi Redoks dan kita akan membahas salah satu Konsep Reaksi Redoks secara detail dan mendalam yaitu Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks.

Apasih itu definisi atau pengertian mengenai Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks yuk kita bahas secara lengkap dan juga kita belajar mengenai Contoh Soal Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron dengan mudah dan jelas.

Pengertian Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks

Menurut Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks, Reaksi Reduksi Oksidasi berlangsung karena adanya penerimaan dan pelepasan elektron. Oleh karena itu Reaksi Reduksi Oksidasi dapat berlangsung dengan normal tanpa adanya oksigen yang terlibat di dalam reaksi tersebut.

Berdasarkan konsep ini, Reaksi Reduksi merupakan Reaksi Penerimaan Elektron.
Zat yang mengalami Reaksi Reduksi atau menerima elektron dari zat lain di sebut Oksidator. Reaksi Oksidasi merupakan reaksi Reaksi Pelepasan Elektron. Zat yang mengalami Reaksi oksidasi atau melepaskan elektron disebut Reduktor.

Pada kenyataannya, Reaksi Reduksi Oksidasi melepas dan menerima elektron berlangsung secara bersamaan. Ketika sebuah zat mengalami oksidasi dengan cara melepaskan elektron, zat lain dalam reaksi akan menerima elektron tersebut sehingga mengalami reduksi.

Contoh Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks:

1. Perhatian reaksi Natrium dengan gas Klorin membentuk Natrium Klorida(garam) berikut:
2Na(s) + Cl2(g) → 2NaCl(s)

Setengah Reaksi Reduksi:
Cl2 + 2e → 2Cl
Cl2 bertindak sebagai oksidator dengan menerima elektron.

Setengah Reaksi Oksidasi:
Na → Na+ + e
Na bertindak sebagai sebagai reduktor dengan melepas elektron.

Setengah reaksi oksidasi atau setengah reaksi reduksi hanya untuk memudahkan dalam mempelajari pelepasan atau penerimaan elektron dalam suatu zat.

Contoh Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks
Contoh Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks

Adanya elektron dalam reaksi dapat diabaikan karena jumlahnya seimbang. Sehingga reaksi Redoks dari persamaan dapat di simpulkan dengan:

Contoh Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks
Contoh Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks

Untuk lebih dalam mari kita bahas satu contoh lagi mengenai Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks dibawah ya:

2. Reaksi antara

Untuk melatih pemahaman tentang Konsep Pelepasan dan Penerimaan Elektron Reaksi Redoks dapat dilakukan dengan melatih diri dengan soal-soal latihan di bukumu dan apabila terdapat hal yang belum dipahami dapat menuliskan komentar di bawah ya admin Naufal selalu membantumu kok.

Untuk memperdalam tentang Konsep Reaksi Redoks baca bagian selanjutnya yaitu Konsep Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi Reaksi Redoks

Terima kasih semoga bermanfaat.

Originally posted 2020-12-12 04:42:00.

Post Terkait :