Sifat Keperiodikan Unsur Jari-Jari Atom Beserta Grafik

  • ngadimin
  • Nov 13, 2023
Sifat Keperiodikan Unsur Jari-Jari Atom

Berikut ini adalah Artikel yang berisi tentang Penjelasan Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Jari-Jari Atom Beserta Grafik dengan penjelasan yang mudah agar mudah dipahami

Sifat Keperiodikan Unsur Jari-Jari Atom Beserta Grafik
Sifat Keperiodikan Unsur Jari-Jari Atom Beserta Grafik

tugassains.com – hi kali ini kita akan bahas mengenai materi Sifat Keperiodikan Unsur Jari-Jari Atom Beserta Grafik hubungannya antara jari-jari atom dengan nomor atom pada sistem periodik unsur.

Pengertian Sifat Keperiodikan Unsur

Sifat Keperiodikan Unsur adalah perubahan sifat-sifat scara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur dari atas ke bawah pada suatu golongan atau dari kiri ke kanan dalam satu periode dalam suatu sistem periodik unsur. 

Sifat Keperiodikan Unsur ini memiliki pengaruh yang banyak yaitu terhadap Jari-Jari Atom, Energi Ionisasi, Afinitas Elektron dan Keelektronegatifan. Dan pada artikel kali ini kita akan membahasa Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Jari-Jari Atom Beserta Grafik.

Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Jari-Jari Atom

Apakah itu Jari-jari atom? Jari-Jari Atom yaitu jarak dari inti atom sampai kulit-kulit atom yang di tempati Elektron terluar. Ternyata jari-jari atom unsur dipengaruhi oleh sifat keperiodikan unsur yaitu berikut ini adalah pengaruh Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Jari-Jari Atom.
  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom semakin besar.
    Dalam satu golongsan dari atas ke bawah, kulit atom bertambah (ingat jumlah kulit = nomor periode), sehingga jari-jari atom semakin bertambah besar pula.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom semakin kecil.
    Dari kiri ke kanan, jumlah kulit tetap namun muatan inti (nomor atom) dan jumlah elektron pada kulit bertambah. Hal tersebut mengakibatkan gaya tarik-menarik antara inti dengan elektron di kulit terluar semakin besar sehingga menyebabkan jari-jari atom semakin kecil.

Grafik Sifat Keperiodikan Unsur terhadap Jari-Jari Atom

Mari kita buktikan pernyataan Hubungan jari-jari atom terhadap sifat keperiodikan unsur dengan grafik berikut ini:

grafik jari jari atom
Hubungan jari-jari atom terhadap sifat keperiodikan unsur

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa dalam sebuah sistem periodik unsur dari sebuah golongan dari atas ke bawah lebar jari-jari atom semakin membesar karena jari-jari atom bertambah namun jumlah elektron di cincin terluar sedikit sehingga gaya tarik antara elektron masih lemah sehingga cincin masih besar.

Sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan jari-jari atom akan semakin mengecil karena disebabkan oleh kuatnya gaya tarik menarik elektron di cincin terluar yang terisi banyak elektron.

Apabila masih ada yang perlu ditanyakan silahkan tanya di kolom komentar dan jangan lupa bagikan terima kasih selamat belajar

Originally posted 2021-01-07 03:02:00.

Post Terkait :