Contoh Soal Menghitung Konsentrasi Larutan dalam Persen

  • ngadimin
  • Mei 14, 2024

Pada artikel kali ini kita akan mempelajari Contoh Soal Menghitung Konsentrasi Larutan Kimia dalam  bentuk Persen dengan pembahasan yang menarik dan mudah dipahami

Contoh Soal Menghitung Konsentrasi Larutan dalam Persen
Contoh Soal Menghitung Konsentrasi Larutan dalam Persen

tugassains.com – Ketika kita akan melakukan sebuah prkatik pada Laboratorium mengenai ujicoba reaksi dan akan melakukan percobaan kimia, sudah pasti menggunakan senyawa Larutan Kimia yang mengandung Konsentrasi tertentu agar reaksi dapat berjalan sesuai rencana.

Dan ketika kita akan membuat laporan praktikum kita akan menghitung yang namanya Konsentrasi Larutan yang telah digunakan dan biasanya telah diubah kedalam bentuk persen agar mudah dibaca oleh pengoreksi dosen atau guru.

Pengertian Larutan

Apa itu Larutan? Larutan adalah sebuah campuran homogen atau bersifat sama yang terbentuk oleh adanya reaksi antara zat pelarut dan zat terlarut. Dimana dengan ketentuan zat terlarut lebih sedikit dibandingkan dengan pelarut.

  • Pelarut atau Solvent merupakan zat yang kandungannya lebih banyak dibandingkan dengan zat terlarut. Contoh zat pelrut yang banyak digunakan yaitu air atau H20.
  • Sedangkan Zat Terlarut adalah zat yang kandungannya lebih sedikit dibandingkan dengan zat pelarut. Zat yang dilarutkan contohnya seperti garam atau NaCl dan gula.

Pengertian Konsentrasi Larutan

Konsentrasi Larutan adalah besaran yang menjelaskan tentang kepekatan dengan mengitung perbandingan banyaknya zat terlarut terhadap zat pelarut. Konsentrasi Larutan digunakan dalam perhitungan ketika membuat larutan encer atau sedikit zat terlarut yang ada pada pelarut.

Semakin banyak zat yang terlarut maka semakin pekat pula larutan tersebut.
Semakin sedikit zat yang terlarut maka semakun encer pula.

Dimana kali ini kita akan belajar mengenai Konsentrasi Larutan dalam bentuk Persen yang meliputi Persen Massa, Persen Volume dan Persen Massa-Volume.

Rumus Persen Massa

Persen Massa merupakan Rumus Menghitung Konsentrasi berdasarkan perbandingan antara zat terlarut dan zat pelarut terhadap banyak larutan dalam bentuk persentase. Bentuk dari rumus tersebut yaitu seperti berikut:

Pada Persen Massa Zat Terlarut kita lakukan dengan rumus pebandingan atau pembagian antara massa dengan jumlah total banyak larutan dikali dengan 100 persen.

Rumus Persen Massa Zat Terlarut
Rumus Persen Massa Zat Terlarut

Sedangkan untuk rumus menghitung Persen Zat Pelarut hampir sama yaitu kita hanya mengubah pembilang dengan massa zat pelarut.

Rumus Persen Massa Zat Pelarut
Rumus Persen Massa Zat Pelarut

Perlu diperhatikan ketika melakukan perhitungan ini perhatikan selalu satuan dari besaran baik itu gram atau miligram pastikan memiliki besaran yang sama agar perhitung yang dilakukan tidak mengalami kesalahan.

Rumus Persen Volume

Hampir sama dengan Persen Massa pada Persen Volume ini kita menghitung konsentrasi Larutan berdasarkan Volume pada Larutan yaitu perbandingan antara Volume Zat Pelarut dengan Volume Keseluruhan Larutan

Rumus Persen Massa-Volume

Rumus Persen Massa Volume merupakan rumus menghitung konsentrasi massa dalam bentuk persen terhadap jumlah total dari keseluruhan Volume atau lebih mudahnya perbandingan Konsentrasi dalam Persen antara massa terhadap Voume Larutan.

Contoh Soal Konsentrasi Larutan dalam Persen

Originally posted 2021-06-06 14:21:00.