mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Pengertian, Rumus dan Ciri-ciri Kapasitor Seri

1 comment

Pada artikel ini kalian akan belajar mengenai Pengertian, Rumus dan Ciri-ciri Kapasitor Seri secara lengkap mudah dan jelas.

Pengertian, Rumus dan Ciri-ciri Kapasitor Seri
Pengertian, Rumus dan Ciri-ciri Kapasitor Seri

tugassains.com -  Kapasitor merupakan salah satu komponen listrik yang tidak dapat dihindari penggunaannya karena mayoritas alat listrik di sekitar kita mulai dari pengisi daya telepon hingga alat listrik seperti televisi menggunakan komponen yang bernama kapasitor ini.

Kapasitor merupakan pelengkap dalam setiap komponen rangkaian elektronik dimana ketika terdapat alat listrik yang mengalami kerusakan kapasitor makan perangkat elektronik tersebut tidak dapt berjalan sebagaimana mestinya.

Kapasitor dalam rangkaian listrik terdapat berbagai jenis susunan yaitu salah satu Rangkaian Kapasitor Seri yang dimana komponen kapasitor dalam rangkaian tersebut dipasang secara seri. Nah berikut ini merupakan Pengertian Kapasitor, Rumus Kapasitor Seri dan Ciri-ciri Kapasitor Seri.

Baca Juga Pengertian, Rumus dan Ciri-ciri Kapasitor Paralel

Pengertian Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen elektronik yang memiliki fungsi sebagai penampung muatan listrik yang mengalir, kapasitor dapat menyimpat arus listrik pada dua buah plat datar yang terbungkus oleh isolator dimana diantara kedua plat tersebut dapat diberi benda dielektrik.

Kapasitor ini ditemukan oleh ilmuwan yang terkenal yaitu Michael Faraday (22 September 1791 – 25 Agustus 1867) yaitu ilmuwan dengan berkebangsaan Inggris, yaitu ilmuwan yang mendalami tentang elektrikal atau listrik.

Simbol Umum Kapasitor
Simbol Umum Kapasitor

Michael Faraday menemukan kapasitor sebagai penampung muatan listrik dalam jangka waktu tertentu, namun tahukah kamu kapasitor sekarang yang berbentuk kecil dahulunya berbentuk sedikit lebih besar dan bentuk silinder yang masih belum serapi sekarang.

Kapasitor sering juga disebut dengan nama Kondensator kedua istilah tersebut memang benar dan kapasitor memiliki satuan dalam besarannya yaitu dalam bentuk Farad atau F sesuai dengan penemunya yaitu Michael Faraday.

Rumus Kapasitor Seri

Ternyata didalam penggunaan kapasitor tedapat perhitungan dan rumus yang digunakan seperti rumus mengukur besar muatan kapasitor, rumus kapasitor pengganti dan rumus tegangan pada kapasitor. Dan berikut ini merupakan rumus-rumus yang digunakan dalam menghitung Kapasitor.

Rumus Rangkaian Seri Kapasitor
Rumus Rangkaian Seri Kapasitor

C = Q/V

C adalah Kapasistansi Kapasitor (Farad = F)
Q adalah muatan listrik Kapasitor (Coloumb = C)
V adalah tegangan Kapasitor (Volt = V)

Dan untuk menghitung kapasitas total kapasitor paralel atau kapasitas pengganti adalah 

1/Ctotal = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3 + ...

Dari rumus besar kapasitor pengganti rangkaian seri kapasitor dapat kita ketahui semakin banyak kapasitor yang digunakan maka semakin kecil besar kapasitor pengganti.

Ciri-ciri Kapasitor Seri

Dari rumus yang kita ketahui ternyata Kapaitor yang dirangkai secara seri memiliki ciri khas yang berbeda dengan kapasitor yang dirangkai secara paralel. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang membedakannya:

1. Besar tegangan total yang mengaliri rangkaian kapasitor seri tegangan tersebut akan terbagi di masing-masing kapasitor sehingga didapat persamaan Vtotal = V1 + V2 + V3 + ... yaitu tegangan akan terbagi di sepanjang kapasitor yang dirangkai secara seri.

2. Pada rangkaian Kapasitor Seri besar kapasitor total atau kapasitor pengganti besarnya akan semakin kecil karena berbeda dengan kapasitor yang dirangkai secara paralel yaitu dapat dihitung dengan persamaan 1/Ctotal = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3 + ...

3. Muatan Total pada rangkaian kapasitor yang disusun secara seri besarnya sama di tiap kapasitor yang ada yaitu besar muatan total akan sama dengan masing-masing komponen apabila di hitung sesuai dengan persamaan Qtotal = Q1 = Q2 = Q3 = ...

4. Dalam kapasitor yang disusun secara seri tidak terdapat cabang sama sekali yaitu kapasitor disusun secara sejalur dimana jika terdapat salah satu kapasitor yang rusak maka sepenuhnya rangkaian seri kapasitor tersebut terputus.

Baca Juga Contoh Soal Rangkaian Seri Kapasitor beserta Pembahasannya

Sekian terima kasih semoga bermanfaat jangan lupa bagikan terima kasih.

Related Posts

1 comment

Post a Comment