mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok

Post a Comment

 Pada artikel kali ini kita akan belajar mengenai Bagaimana Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok secara mudah dengan langkah yang jelas

Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok
Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok

tugassains.com -  Poligon Frekuensi merupakan salah satu Penyajian Data Berkelompok yaitu pada Poligon data berkelompok disajikan dengan grafik yang menunjukan frekuensi dan nilai titik tengah di setiap kelas dalam data berkelompok.

Pengertian Penyajian Data Poligon

Poligon sendiri memiliki arti banyak titik yang berasal dari terjemahan poly yaitu banyak dan gone yang berarti titik. Poligon pada umumnya berbentuk grafik dengan frekuensi data kelompok dan titik tengah dari data kelompok.

Tujuan dari menyajikan data dengan poligon pada tabel distribusi frekuensi yaitu dapat mempermudah pola statistika atau sebaran data yang ada pada data berkelompok, karena kita dapat mengetahui dengan bentuk kurva.

Poligon sendiri merupakan penyajian data kelompok yang diubah dari bentuk Tabel Distribusi Frekuensi Data Kelompok sehingga sebelum memahami ada baiknya kalian belajar terlebih dahulu bagaimana cara membuat tabel distribusi frekuensi.

Baca Juga Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Data Berkelompok

Cara Membuat Poligon Data Berkelompok

Bagaimana sih cara nya untuk dapat membuat poligon dari tabel distribusi frekuensi? mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini:

Mengubah Tabel Distribusi Frekuensi Menjadi Poligon

Langkah Pertama: Hitung terlebih dahulu titik tengah dari tiap kelas interval dengan membagi dua jumlah batas atas dengan batas bawah dari Tabel Distribusi Frekuensi.

Cara Membuat Poligon Data Berkelompok

Langkah Kedua: Gambar bidang kartesius dengan sumbu x atau mendatar merupakan titik tengah dari tiap kelas interval dan kelas y atau tegak merupakan frekuensi (nilai rentang frekuensi terkecil hingga frekuensi terbesar)dari data berkelompok. 

Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok
Gambar secara simetris jarak antara angka dengan angka lain.

Langkah Ketiga: Gambar grafik dengan memberi titik temu antara titik tengah dengan frekuensi ditiap kelas frekuensi sesuai pada tabel distribusi frekuensi.

Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok

Langkah Keempat: Hubungkan titik-titik tersebut dari kelas interval pertama dengan kelas selanjutnya hingga kelas interval terakhir.

Cara Membuat Poligon Frekuensi Data Kelompok

Dengan begitu kita sudah membuat poligon frekuensi data kelompok, bagaimana mudah kan sebenarnya jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar.

Baca Juga Cara Mudah Membuat Ogive Positif dan Ogive Negatif

Semoga bermanfaat terima kasih dan jangan lupa bagikan.

Related Posts

Post a Comment