Pengertian Luxmeter dan Cara Kerjanya

  • Supriyadi Pro
  • Mei 18, 2024
Pengertian Luxmeter dan Cara Kerjanya

Berikut ini kami sajikan artikel mengenai Pengertian Lux Meter dan Cara Kerja dari Lux Meter tersebut kami sajikan secara lengkap dan jelas agar mudah dimengerti pembaca.

tugassains.com – Lux Meter merupakan salah satu alat ukur yang sering kali dijumpai pada saat melakukan instalasi penerangan baik di sebuah proyek rumah, penerangan perkantoran bahkan penerangan jalan raya atau gedung sekolah, dimana setiap pencahayaan yang ada terdapat aturan mengenai kecerahan intensitas cahaya.

Pada dasarnya dibebagai kegiatan Instalasi wajib nih dibawa yang namanya Lux Meter ketika melakukan instalasi Kelistrikan agar tidak terjdai kesalahan terhadap intensitas cahaya.

Pengertian Luxmeter dan Cara Kerjanya
Pengertian Luxmeter dan Cara Kerjanya

Pengertian Lux Meter

Lux Meter adalah alat pengukuran intensitas cahaya di sebuah tempat dengan satuan Lux (lx) dimana memanfaatkan sensor cahaya berupa sel foton, dimana sensor akan menerima cahaya yang masuk ke dalam sensor dan diolah sehingga hasil dari pengukuran dapat terbaca.

Lux Meter seringkali digunakan diberbagai hal yang berkaitan dengan intensitas cahaya seperti melakukan instalasi penerangan dimana penerangan wajib diukur kecerahan atau intensitas cahaya suapay tidak terjadi terlalu gelap atau terlalu terang.

Penerangan Cahaya disetiap tempat memiliki aturan SNI yang berbeda seperti anatara di rumah dan perkantoran dimana peraturan SNI bisa kalian cari di buku SNI mengenai Instalasi Listrik.

Jenis-jenis Lux Meter

Pada dasarnya Lux Meter hampir sama dengan alat ukur lainnya yaitu memiliki 2 jenis yaitu Lux Meter Analog dan Lux Mater Digital, dimana keduanya memiliki perbedaan antara kelebihan dan kekurangannya, berikut merupakan penjelasan antara kedua jenis Lux Meter:

Baca Juga: Cara Menggunakan Lux Meter

1. Lux Meter Analog

Merupakan jenis Lux Meter yang pertama kali ditemukan dan pada Lux Meter ini hasil dari pengukuran ditampilkan secara analog berupa jarum pengukuran, dimana jarum pengukuran akan bergerak sesuai dengan pengukuran.

Lux Meter Analog
Lux Meter Analog

Sehingga pada Lux Meter jenis Analog perlu diperhatikan pada saat membaca nilai pengukuran agar terhindar dari kesalahan pembacaan nilai yang sering terjadi.

Lux Meter Analog merupakan jenis Lux Meter dengan harga yang nyaman di kantong atau murah, namun untuk kesensitifan dari pengukuran perlu diperhatikan.

Kelebihan dan Kekurangan Lux Meter Analog

Kelebihan:

  • Harga lebih merakyat nyaman dikantong(rumah).
  • Lebih mudah perawatan.

Kekurangan:

  • Sering terjadi kesalahan pembacaan nilai pengukuran.
  • Lebih minim proteksi.
  • Umur pemakaian yang cepat rusak.

2. Lux Meter Digital

Pada Lux Meter Digital ini hasil dari pengukuran ditampilkan pada layar LCD berupa digit angka sehingga dapat meminimalisir kesalahan pada saat pembacaan nilai dan Lux Meter ini alat ukur kecerahan telah terintegrasi oleh chip sehingga dapat dipastikan luxmeter lebih teliti dan sensitif.

Lux Meter Digital
Lux Meter Digital

Pada Lux Meter Digital pengkalibrasian pengukuran lebih mudah dibandingkan dengan Lux Meter Analog namun Lux Meter Digital memiliki harga yang relatif mahal dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Lux Meter Analog

Kelebihan dan Kekurangan Lux Meter Digital

Kelebihan:

  • Lebih sensitif terhadap perubahan.
  • Banyak memiliki proteksi.
  • Umur pemakaian yang lebih lama.
  • Terhindar dari kesalahan pembacaan pengukuran.

Kekurangan:

  • Perawatan harus berhati-hati.
  • Banyak merk pasaran yang kualitas rendah.
  • Relatif lebih mahal dibandingkan Lux Meter Analog.

Cara Kerja Lux Meter

Sebenarnya antara Lux Meter Analog dan Lux Meter Digital memiliki cara kerja yang hampir sama hanya pada Lux Meter Digital terdapat chip yang berfungsi sebagai pembacaan sinyal listrik dari Sel Foton yang kemudian ditampilkan pada layar LCD.

Cara Kerja Lux Meter
Cara Kerja Lux Meter

Sedangkan pada Lux Meter Analog tidak terdapat chip karena sinyal listrik dari sel foton langsung diolah oleh rangkaian yang nantinya hasil ditampilkan oleh jarum penunjuk

Untuk prinsip kerja lux meter sangatlah mudah yaitu sesuai dengan prinsip sensor yaitu mengubah intensitas cahaya yang diterima menjadi sinyal listrik, sinyal listrik tersebut kemudian akan diolah lagi oleh rangkaian didalam lux meter.

Setelah rangkaian mengolah sinyal dari sel foton hasil dari pengolahan akan ditampilkan pada layar lcd atau jarum penunjuk. Sehingga hasil dari pengukuran dapat kita baca hasilnya untuk melakukan Perhitungan Intesitas Cahaya yang sesuai SNI.

Baca juga Cara Menghitung Kebutuhan Lampu dalam suatu Ruangan

Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Originally posted 2021-07-02 16:18:00.

Post Terkait :